Bayar pendaftaran bikin passport melalui ATM

Kemaren saya dapat pesan WhatsApp dari istri yang sedang di Kantor Imigrasi Padang untuk mengurus perpanjangan passportnya yang sudah habis masa berlaku.

Kntr imigrasi padang

Pesannya berbunyi permintaan untuk dapat dilakukan pembayaran secara non tunai, baik di Bank maupun di ATM, istri saya tidak sempat karena mesti menjemput anak kami yang sudah pulang sekolah, namun karena kemaren itu saya tidak sempat melakukan pembayaran maka hari ini saya baru bisa ke Bank dengan tujuan melakukan pembayaran tersebut.

Saya ke Bank Mandiri dan menyapa Pak Satpam yang ada di dalam bank tersebut, saya sampaikan keinginan untuk membayar pembuatan passport yang tinggal menunggu pelunasan saja lagi.

Pak Satpamnya mengatakan bahwa di Bank Mandiri belum bisa melayani pembayaran pembuatan passport, beberapa hari sebelumnya ada juga nasabah dengan maksud yang sama, tidak bisa juga terlayani, kata Pak Satpam tidak ada menu untuk pembayaran passport dimaksud.

Sebelumnya saya juga sudah coba melalui ATM Bank Mandiri untuk lakukan pembayaran namun tidak ketemu menu untuk pembayaran pembuatan passport tersebut.

Akhirnya saya coba ke ATM BNI karena beberapa tahun sebelumnya saat membuat passport saya lakukan pembayaran melalui Bank BNI ini namun melalui CS nya.

Ternyata di ATM BNI ditemukan menu untuk melakukan pembayaran melalui ATM, tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Masukan kartu ATM BNI ke mesin ATM, masukan PIN yang 6 digit
  2. Ambil pilihan menu PEMBAYARAN

IMG20161101142333.jpg

3. Ambil pilihan MENU BERIKUTNYA

IMG20161101142337.jpg

4. Ambil lagi pilihan MENU BERIKUTNYA

IMG20161101142341.jpg

5. Ambil pilihan menu IMIGRASI

imigrasi

6. Ambil pilihan menu NO. KODE BAYAR MPN G2

img20161101142347

7. Ditampilkan layar untuk memasukan KODE BILLING yang ada dikertas yang kita terima waktu selasai mendaftar di Kantor Imigrasi.

img20161101142350

KODE BILLING yang dimaksud adalah 15 digit angka yang berada di sisi sebelah kanan kertas tanda terima pendaftaran, pada gambar dibawah lihat yang berada di dalam kotak merah.

Bukti pendaftaran

Sebagai bukti transaksi selesai saya mendapatkan secarik kertas yang dikeluarkan dari mesin ATM BNI tadi, kertas bukti inilah yang nanti akan dibawah oleh istri saya pada saat mengambil buku passportnya.

Passport baru bisa diambil minimal 3 hari setelah pembayaran

buku passport

 

 

Tinggalkan Balasan

