Filosofi Hedgehog

Hari itu adalah musim salju yang paling ekstrim di Canada, banyak binatang-binatang yang mati akibat beku & dingin yang teramat sangat, di daerah tersebut tinggal sekelompok hedgehog (seperti landak).

Mereka memutuskan untuk tinggal berkelompok bersama-bersama di sebuah gua agar tetap hangat. Mereka mendekatkan diri satu sama lainnya, namun ketika mereka berdekatan, duri-duri mereka melukai teman-teman terdekat mereka.  Setelah beberapa saat, mereka pun memutuskan untuk menjaga jarak satu sama lainnya & mereka mulai merasa sendiri, beku & akhirnya terancam mati.

Jadi mereka harus memutuskan menerima duri-duri temannya atau meninggalkan bumi tercinta ini.  Secara bijaksana, mereka memutuskan untuk kembali dan bersatu. Mereka pun belajar untuk hidup dengan luka-luka kecil akibat jarak yg sangat dekat dengan sahabat-sahabatnya supaya dapat menerima dan merasakan kehangatan mereka.

Cara inilah yang membuat mereka akhirnya selamat dan hidup.

Apa moral cerita ini ?

Hubungan yang terbaik dalam hidup ini bukanlah dengan cara membawa orang-orang yang sempurna dalam kelompok, tetapi ketika semua individu belajar untuk hidup dengan ketidak sempurnaan orang-orang lain dan meng-apresiasi semua kehangatan yang diberikan oleh teman-temannya.

Hal inilah yang membuat hidup kita menjadi lebih “hidup” & “mampu bertahan” dalam situasi atau lingkungan ekstrim sekalipun.

“Terimalah ketidak sempurnaan seseorang dengan cara yang sempurna, maka hidup akan menjadi lebih bermakna”

(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: