Fauzi Bahar Lantik Pengurus dan Dewan Guru IPS-BS

PADANG, SOKetua Umum terpilih Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar, Dr. H. Fauzi Bahar M.Si melantik Pengurus dan Dewan Guru Ikatan Pencak Silat Budi Suci (IPS-BS) Sumbar masa bakti 2012-2017, di Gedung Serba Guna Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) GOR. H Agus Salim Padang, Minggu (3/6).

Prosesi pelantikan yang berlangsung sederhana ini, turut dihadiri Waketum I KONI Sumbar, Syaiful SH, M.Hum, Danrem 032 Wirabraja dan Kapolda Sumbar.

Ketua IPSI Sumbar, Fauzi Bahar mengatakan, IPS-BS merupakan salah satu perguruan andal yang mampu melahirkan beberapa pesilat di tingkat PORDA serta melahirkan atletnya untuk mewakili IPSI Sumbar tingkat Porwil dan PON.”Oleh sebab itu, sambungnya, sebagai partner dari IPSI kita harapkan dapat melahirkan tenaga-tenaga yang siap pakai dalam membantu dan mengisi babak pembangunan demi memajukan silat di ranah Minang,” tuturnya.

Fauzi Bahar menekankan, bahwa silat memiliki empat aspek yang patut dipelajari serta ditauladani yaitu aspek mental spiritual yang didapat di surau, aspek seni dan budaya Minangkabau, aspek olahraga dan aspek beladiri.

“Karenanya kita mengharap perguruan IPS-BS akan mampu mengembangkan dan memanfaatkannya,” katanya.

“Selain itu Walikota juga akan menerapkan di sekolah-sekolah untuk membuka sasaran silat dan mengganti baju olahraga dengan baju silat, agar ada keseragaman sekaligus menghindari tawuran antar pelajar, dan lebih penting lagi baju tersebut akan bisa diwariskan kepada adik-adik pelajarnya,” terangnya.

Sementara Ketua Dewan Guru Artis Dt.Rajo Indo, ST dan Ketua Umum IPS-BS, AKBP Delvia Derita, S.Kom, MM senada menuturkan, perguruan IPS-BS telah berdiri sejak tahun 1975 di Mata Air Padang Selatan dalam bentuk sasaran silat, dan resmi bergabung dengan IPSI tahun 1985, tetapi IPS-BS  berbeda dengan beladiri Budi Suci (BS), dimana beladiri Budi Suci tidak tergabung dengan beladiri Pencak Silat, dan bukan anggota keluarga IPSI.

Namun dalam pengolahan tenaga dalam IPS-BS dan BS mungkin saja sama, karena IPS-BS memang berasal dari Budi Suci. Tapi dalam perkembangannya, IPS-BS resmi berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945 dan berlandaskan Al,Quran dan Hadist, serta sesuai dengan anggaran rumah tangga yang diakui IPSI, katanya.

Untuk keanggotaan mulai dari Sumatera Barat sampai dekade terakhir ini, IPS-BS telah berkembang di beberapa provinsi dan Negara di luar Sumbar seperti DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Riau, Jambi, Kerinci, Medan, Malaysia dan Thailand.

Sedangkan di dalam Sumbar sendiri terdiri dari sepuluh Kab/Kota yakni Darmasraya, Sijunjung, Pessel, Pasaman, Pasbar, Padang, Bukittinggi, Kabupaten Solok, Solsel dan kota Sawahlunto.

Dilaporkan : MUL
Sumber : disini

2 Tanggapan

  1. […] Fauzi Bahar Lantik Pengurus dan Dewan Guru IPS-BS Like this:SukaBe the first to like this. […]

  2. […] Fauzi Bahar Lantik Pengurus dan Dewan Guru IPS-BS Like this:SukaBe the first to like this. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: