Galodo di Tanah Datar, tadi pagi

Djoko Tjiptono – detikNews

Jakarta – Banjir bandang disertai tanah longsor terjadi di Kecamatan Sungai Tarap, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). Dikabarkan, bencana yang biasa disebut galodo ini lebih besar dari yang pernah terjadi pada tahun 1979.

“Informasi yang saya terima katanya lebih besar dari tahun 1979. Warga bilang airnya lebih tinggi,” kata Camat Sungai Tarap, Hernita Zailiarti, saat berbincang-bincang dengan detikcom, Senin (30/3/2009).

Namun demikian, Hernita mengaku belum tahu pasti berapa jumlah korban, baik luka maupun tewas, akibat bencana tersebut. Menurutnya, pihaknya masih melakukan pendataan.

“Lokasi paling parah terjadi di Desa Sungai Tarap, Desa Pasir Laweh dan Desa Rao Rao. Tapi mudah-mudahan jumlah korban tidak banyak,” ungkap Hernita.

Menurut Hernita, galodo terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi. Hujan deras memang mengguyur wilayah tersebut sejak Minggu (29/3/2009), malam.

Sekadar diketahui, berdasarkan catatan yang ada bencana galodo yang cukup besar pernah menghantam wilayah Tanah Datar pada tahun 1979. Akibat kejadian tersebut, sedikitnya 50 orang tewas mengenaskan.
(djo/nrl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: