Chatting Tanpa Takut Diblokir

Apa sih kelebihan instant messaging jenis ini dibandingkan dengan instant messaging dalam bentuk aplikasi mandiri? Bayangkan jika ternyata komputer yang Anda gunakan untuk berinternet tak tersedia aplikasi instant messaging satu pun.

Mengunduh file penginstalnya, lalu melakukan penginstalan, tentu membutuhkan waktu agak lama. Bisa jadi rekan ngobrol yang diinginkan sudah terlanjur sign out karena tak sabar menunggu.

Layanan kirim pesan praktis ini juga menjadi solusi jika jalur instant messaging Anda diblokir oleh administrator jaringan di tempat Anda bekerja. Kecuali jika semua alamat web layanan web-based chatting tersebut turut dihadang.

Karena berbasis web, chating dengan IM berbasis web tak perlu mensetting alamat IP (internet protocol). Seperti melakukan browsing, Anda cukup buka internet browser, masuk ke alamat layanan, login dengan account username dan password yang biasa Anda pakai, lalu langsung ngobrol dengan cepat.

Pilihan Beragam

Hampir semua layanan instant messaging mulai dari MSN, Yahoo! Messenger, sampai Google Talk pun memiliki layanan messaging versi web-based. Beberapa memang masih berstatus Beta, tapi sudah lumayan lancar untuk dimanfaatkan.

Jika Anda pengguna Yahoo! Messenger, manfaatkan versi web layanan chatting tersebut di alamat. webmessenger.yahoo.com Ini adalah solusi praktis jika aplikasi chatting tersebut sedang bermasalah di PC Anda.

Caranya pakainya tak sulit. Jika Anda sudah memiliki account Y!M, tinggal masukkan saja username dan password di kotak isian tersebut.

Fasilitas standar yang ada di program Y!M ada di sini, hanya saja tak semua opsi setting dan plugin tersedia. Aplikasi web berbasis flash ini tetap menyertakan pilihan emoticon, pilihan huruf, hingga fasilitas view untuk menampilkan teman yang sedang offline dan online.

Sebenarnya fasilitas ini sudah bisa Anda rasakan langsung di e-mail account Yahoo! Anda. Terutama jika Anda sudah memakai interface baru Yahoo! Mail.

Anda pengguna MSN Messenger dan Google Talk juga bisa mengakses versi web masing-masing layanan di webmessenger.msn.com dan www.google.com/talk/#. Fiturnya serupa dengan Yahoo! Messenger, tersedia hanya yang standar, namun ini pun sudah memadai.

Satu Situs, Beragam IM

Selain layanan resmi dari masing-masing instant messaging, Anda bisa menemukan layanan dari pihak ketiga. Biasanya layanan pihak ketiga ini menyediakan fasilitas akses ke banyak layanan. Salah satunya dan yang terpopular adalah Meebo.

Dengan Meebo (yang beralamat di www.meebo.com), Anda bisa mengakses jalur chatting beraneka layanan. Dalam satu website, Anda bisa menggunakan beberapa account chatting sekaligus, seperti Yahoo! Messenger, AIM, Google Talk, dan MSN Messenger. Selain itu, Meebo sendiri menyediakan kanal tersendiri untuk chatting antar sesama pengguna Meebo.

Di sini, Anda bisa mengaktifkan beberapa account sekaligus. Dan semuanya bisa dipantau dari satu jendela di dalam web browser. Memang, yang aktif hanya fasilitas untuk kirim-terima pesan teks saja, belum tersedia video call atau audio call. Layanan ini sangat efektif jika Anda memiliki banyak messenger account dan hendak membukanya secara bersamaan, tanpa harus berpindah jendela aplikasi.

Layanan seperti Meebo ini semakin banyak. Akses kanal messenger yang ditawarkan pun lebih banyak. Salah satunya adalah eBuddy. Layanan berlamat www.ebuddy.com ini memiliki akses ngobrol ke MSN Messenger, Yahoo Messenger, AIM, GTalk, hingga kanal messaging milik eBuddy sendiri. Bahkan, layanan private message di My Space pun bisa diaksesnya. Tak hanya itu, Anda bisa menggunakannya di ponsel.

Mau yang lebih banyak kanalnya? Coba Kool IM di www.koolim.com. Di sini, Anda bisa mengakses AIM, MSN, Yahoo!, Google Talk, ICQ, Gadu-Gadu, dan X-Fire. ICQ adalah layanan chatting yang sudah lama beken di jagat maya. Komplet banget ya. Semua bisa diakses hanya dengan satu jendela browser saja.

Layanan lainnya masih banyak. Beberapa alamat bisa Anda lihat di boks. Dari kesemua layanan tersebut, seluruhnya menawarkan efektifitas dalam berkirim dan terima pesan, tanpa harus menginstal program. Pun ada yang khusus untuk jalur messaging via peranti mobile.

Ini artinya Anda tak perlu repot lagi kesulitan dalam mengakses jalur komunikasi karena banyak pilihan alternatifnya. Tak ada lagi kata sebal meski Y!M diblokir. Toh, tak ada yang salah dengan chatting, karena ini bisa jadi tool komunikasi kerja yang paling murah. Ngobrol sama teman di sela kerja? Boleh saja, asal ingat waktu. Semua bisa diatur.

Mengakses Y!M Beraneka Jalur

Taruh kata, aplikasi Yahoo! Messenger Anda sedang ngadat. Sudah dicek setelan koneksinya, tetap saja pesan tidak dapat terkirim. Bagaimana solusinya agar komunikasi tetap bisa berjalan. Ikuti panduan berikut:

Cara memanfaatkan Yahoo! Web Messenger

1. Buka alamat webmessenger.yahoo.com.
2. Klik tombol [Sign In] dan masukkan username dan password Yahoo! Anda di kotak isian yang muncul.
3. Tunggu beberapa saat hingga tampilan jendela messaging muncul.
4. Kini Anda tinggal memilih teman (Friends atau Buddies) dari daftar di sisi kiri jendela browser dengan mengkliknya.
5. Ketikkan pesan di kotak isian yang berada di tengah bawah.
6. Serupa di aplikasi Y!M, Anda bisa mengubah jenis, warna, dan ukuran huruf di sini. Anda bisa menyisipkan emoticons pula.
7. Untuk menambah teman ngobrol, Anda bisa mengklik [Add]
8. lalu pilih jenis kontak teman yang diinginkan Pilihannya kontak telepon, Windows Live, dan Yahoo!.

Jika Anda ingin daftar teman yang sedang online saja, caranya sebagai berikut :
1. klik [View]
2. [Show online contacts only].
3. Daftar pesan yang terkirim dan diterima bisa Anda akses di link [Message History].

Cara memanfaatkan E-mail Account

Anda juga bisa chatting via jendela account e-mail Anda. Caranya:
1. masuklah ke account e-mail Anda.
2. Pastikan Anda menggunakan tampilan Yahoo! Mail yang baru, serupa dengan Microsoft Outlook.
3. Untuk mengaktifkan instant messenger di Yahoo! Mail, klik tombol segitiga di samping kanan link “Offline” Link ini berada di atas halaman.
4. Dari menu yang muncul, pilih [Available].
5. Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar teman ngobrol Anda di panel kiri halaman web.
6. Klik salah satu teman dan tunggu hingga muncul jendela tab baru berisi kotak untuk berkirim-terima pesan.
7. Selanjutnya Anda tinggal ketikkan pesan lalu tekan [Send], seperti cara biasa untuk chatting di instant messaging.

Pilihan Messenger Berbasis Web

Layanan instant messenger berbasis web bukan hanya Meebo saja. Anda memiliki banyak alternatif pilihan. Inilah pilihannya:

messidog.live.com
webmessenger.msn.com
webmessenger.yahoo.com
www.aim.com/aimexpress.adp
www.communicationtube.com
www.ebuddy.com
www.google.com/talk/#
www.iloveim.com
www.imhaha.com/webmsg/index.jsp
www.imo.im
www.imunitive.com
www.juslol.com
www.koolim.com
www.meebo.com
www.meglobe.com
www.messengerfx.com
www.mijnmessenger.nl
www.msn2go.com
www.nightcitychat.com
www.radiusim.com

Sumber : www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: