Padukan Keimanan dan Kesucian Budi

PERGURUAN SILAT BUDI SUCI Indonesia Jakarta ini didirikan KH Abdul Rosyid setelah pulang dari Tanah Suci Makkah. Dari namanya, perguruan ini tidak hanya menempa pada bela diri saja, tapi juga memadukan antara keimanan dan kesucian budi pekerti. perguruan ini berpusat di Jalan Anggrek Lestari Indah N-2 Jakarta.

 

Tanah Suci Makkah

Berdirinya Perguruan Silat Budi Suci Indonesia Jakarta ini bermula dari seorang putra kelahiran Indramayu Jawa Barat, yaitu KH Abdul Rosyid. Pendekar yang dilahirkan 1902 ini diasuh dan dibesarkan Haji Yasin yang kebetulan gemar seni beladiri pencak silat. Apalagi, pada zaman itu boleh dibilang setiap orang bisa pencak silat, bahkan menjadi olahraga tradisional bangsa Indonesia. Sejak kecil, Abdul Rosyid digembleng pamannya untuk dijadikan pewaris tunggalnya, baik ilmu batin (kerohaniaan) maupun ilmu pencak silat.

Dengan berbekal ilmu warisan itu, Abdul Rosyid pergi merantau. Diusianya yang ke-30 tahun, dia menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah, sehingga beliau dikenal dengan nama KH Abdul Rosyid. “Sepulang dari tanah suci Makkah, ditambah pengalaman dalam pengembaraannya, beliau menciptakan beladiri pencak silat yang dipadukan dengan keimanan kepada Allah SWT, serta kesucian budi pekerti, sehingga ilmu beladiri yang diciptakannya dinamakan Silat Budi Suci Indonesia,” ungkap Singalodro, ketua umum Perguruan Pencak Silat Budi Suci Indonesia Jakarta.

Untuk penyebarannya ilmu silat Budi Suci ini ke seluruh nusantara, Rosyid mengangkat Kiai Sidik sebagai penerusnya. Bahkan penyebarannya sampai memasuki daerah Singapura dan Malaysia. “Setelah perang kemerdekaan tekad almarhum Sidik mengamalkan serta menyebarluaskan silat Budi Suci Indonesia Jakarta ini ke pelosok Nusantara semakin besar,” ujar guru besar Singalodra.

Diwariskan Pada Anaknya

Tahun 1950 mulailah perjalanan panjang Kiai Sidik ke daerah Indramayu, Cirebon, dan Banten. Tahun 1952 di Pulau Seribu yang dilanjutkan di Jakarta tahun 1954. Tahun 1957 di Teluk Bangka, tahun 1962 di Tanjung Pinang dan tahun 1969 mengajar di Medan. Tahun 1970 di Banyuwangi, tahun 1971 di Palembang yang dilanjutkan ke Semarang dan Rembang tahun 1972. Pada tahun 1973 di Sidoarjo, Probolinggo dan Blitar, tahun 1974 di Surabaya, tahun 1975 di Singapura, tahun 1976 di Malaysia dan Sumatra Selatan, tahun 1977 di Bandar Lampung dan tahun 1978 di Bali.

Setelah melanglang buwana mengajarkan ilmu di dalam maupun luar negeri, Kiai Sidik lantar berpikir kepada siapa ilmu silat yang dimiliki ini diwariskan. Apakah diwariskan kepada orang lain atau anaknya sendiri. melalui perenungan yang cukup dalam di sebuah tempat yang sepi, akhirnya diputuskan yang mewarisi adalah anaknya sendiri.

Hal itu dipilih karena sejak usia 6 tahun Singalodra, yang lahir di Pulau Seribu 10 Nopember 1952, sudah memiliki hobi mempelajari ilmu bela diri pencak silat. Juga memiliki bakat silat dan olah kanoragan.

Maka Kiai Sidik melakukan gemblengan terhadap anaknya, agar nantinya menjadi penerus sang ayah dan melestarikan budaya bangsa. Gemblengan tersebut berupa olah gerak, nafas, dan batin. Olah gerak untuk bela diri, olah batin sebagai tenaga dalam atau penyembuhan juga ilmu spiritual.

Begitu menguasai ilmu warisan itu, Singalodra yang dibantu murid-muridnya mengembangkan perguruan silat. Dalam memberikan pelajaran, banyak memetik pengalaman dari sang ayah (Kiai Sidik). Tapi metoda pelajaran yang dilakukan secara kelompok dengan asas kekeluargaan, dirasa olehnya kurang tepat.

Berangkat dari hal itu, guna melestarikan ilmu Budi Suci Indonesia, maka memulai mengorganisir perguruannya agar lebih baik lagi. Lalu, tepatnya pada tanggal 10 Nopember 1979 yang merupakan tanggal kelahiran Singalodra, diresmikannya Perguruan Budi Suci Indonesia. Dan saat itu pula Bapak Kiai Sidik ditetapkan sebagai guru besar dan Singalodra sebagai guru utama.

Pada tanggal 31 Mei 1986, Perguruan Silat Budi Suci Indonesia masuk ke dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Selanjutnya, tepatnya tahun 1989, Singalodra merantau ke berbagai daerah guna mengembangkan ilmunya. Ia pun banyak membuka cabang antara lain di Sumatra Selatan, Lampung lalu menetap di Prabumulih. Pada tanggal 5 Mei 1994 Kiai Sidik meninggal dunia di Palembang dengan meninggalkan wasiat pada Singalodra untuk menggantikan sebagai guru besar.

BERITA TERKAIT :

Ikatan Pencak Silat Budi Suci Perpaduan Gerak Silat dan Zikir

Fauzi Bahar Lantik Pengurus dan Dewan Guru IPS-BS

58 Tanggapan

  1. Saya sudah mengenal budi suci di palembang tahun 1975 namun saya kenal gurunya yang bernama H.Daud di Palembang
    Yang jadi pertanyaan saya Kiai Sidik juga guru besar dan meninggal di palembang tanggal 5 Mei 1994 dan digantikan oleh Singalodra sedangkan Guru Besar Budi Suci di Palembang H.Daud ada di Palembang yang mana yang benar Perguruan Budi Suci ayang ada di Palembang ? Tolong dijelaskan
    Terimah kasih kami tunggu penjelasannya

    • kalu saya belajar jugak ni .di medan nama guru saya bahrum jadi menurut kguru sya perguruan ini sudah terpecah belah jadi ikuti aja kalu tidak menentang agama.ok salam kenal ari sandi pranata sebelum nya mon maaf.

    • kalu saya belajar jugak ni .di medan nama guru saya bahrum jadi menurut kguru sya perguruan ini sudah terpecah belah jadi ikuti aja kalu tidak menentang agama.ok salam kenal ari sandi pranata sebelum nya mohon maaf.

      • Salam kenal sdr Ari.. menurut sy emang budi suci skrg lagi terpecah bela atau lebih tepatnya tercerai berai… di padang juga aq rasakan demikian sebab bnyk yg mengajarkan ilmu mereka sendiri2. untuk diajak latihan bersama aja susahnya bukan main… sebenarnya kt malu juga melihat perguruan bela diri asing lainnya mereka sangat konsisten menampilkan di muka umum sehingga kelihatan kompaknya..

  2. Ass.Salam kenal dari saya.Saya sangat tertarik dengan perguruan budi suci karena dulu saya pernah belajar.Apa ada perguruan budi suci yang berdiri di Jakarta atau daerah sekitarnya kalau tolong kabarin saya alamatnya

  3. Assalamualaikum, wr, wb.
    saya murid kakek Sidik tahun 1984 asal Pati, Jawa Tengah. Setahu saya, yang mewarisi keilmuan kakek Sidik adalah putra-putranya. Seperti Zaenal Abidin atau Ki Singo Lodra dan Qosim.
    Dulu saya kenal baik dengan mas Zaenal. Namun sekarang tidak jelas kemana beliaunya.
    Selain jalur keturunan, kakek sidik juga memiliki banyak murid. Kebanyak dari murid-murid itu ada yang mengangkat dirinya sebagai guru, namun ada juga yang diberi mandat oleh Kakek Sidik. Dan tiap daerah yang disinggahi Kakek Sidik, selalu muncul murid yang kemudian mengembangkan Budi Suci atau kemudian mengganti dengan nama lain.

    Salam – MASRURI

  4. saya juga teman baiknya beberap tahun yang lalu saya pernah ketemu beliau, alamatnya setahu saya di perumahan Cilengsih, minggu lalu saya mencarinya di perum Jatijajar Depok tapi udah pindah, saya sedang mencarinya mudah2an saya dapat no. hpnya

    • salam semua..
      saya salah satu pengamal ajaran budhi suci, sy belajar dari keluarga, krn kbetulan kakek sy tadiNY guru besar budhi suci di Bengkulu (Alm. Kemas Machmud Badarudin / dungcek). kalau ada yang tahu alamat atau no tlpn guru budhi suci yang ada d depok dan sekitarNy boleh tolong di kabarin ke nomor tlp sy ya…(081288364697)!!! kbetulan kalau ada yang mau saya sudah ada no tlpn n alamat salah satu guru budhi suci yang ada di daerah DEPOK.

  5. saya baru ingat beliau pak Zaenal juga punya rumah di Cirebon tapi tepatnya saya belum kesana, kalau di Celingsih dan Batujajar saya pernah kerumah beliau tetapi alamat jelasnya catatannya hilang, saya sedang mencari pak Zaenal

  6. Alhamdulillah, bisa saling berkenalan dengan saudara seperguruan. Saya juga sudah mengamalkan budi suci sejak 1992. Saya juga sedang menelusuri silsilah budi suci ini. Ada banyak hal yang sebenarnya belum terungkap bagi saya tentang khasanah keilmuan budi suci ini. Saya dapat informasi kalau sekarang Pak Zaenal (Ki Singalodra) lebih banyak berada di Malaysia.

    Salam kenal untuk Pak Sutan, Pak Ahmad, Pak Masruri, dan Pak Hyangidjaya

    Salam hangat,
    Bharata Yudho

  7. Assalam,WR.Wb
    saya anggota budi suci “ranting Kawung” surabaya,tepatnya
    di tahun 1997, di antara saudara- saudara apakah ada yang tahu dimana alamat bapak Sugeng Langgeng sekarang ???
    Beliau adalah salah satu dewan Guru dari lima dewan guru
    di bawah Bapak Zainal abidin bin Sidik. atau Ki Singo Lodro.
    bagi anda yang tahu tlg E-mail saya yah.
    Wasalam.

    • Assalamu’alaikum Wr.Wb
      salam jumpa lagi untuk semua anggota kawung.Untukalamat Pak Sugeng mohon konfirmasi pada mas Pipin atau mas Minan

    • untuk rmh pak sugeng skrg ada di prmhn candi sidoarjo…alhmdllh kami msh srg ktmu brg tmn2 jg….mas minan n mas ipin jg tau rmh pak sugeng

      • Assalam,WR.Wb
        saya anggota budi suci cab.Malang,di antara saudara- saudara apakah ada yang tahu dimana alamat bapak Sugeng Langgeng sekarang ???dimn tempat latihan disidoarjo/surabaya??

      • dmn Latihan BS disidoarjo/di surabaya,…… mohon infonya

      • Mungkin rekan-rekan yang dari Surabaya atau khusus nya dari Sidoarjo bisa bantu menjawab pertanyaan dari rekan kita Taufiq ini ….??

      • tahun 98 kalau tidak salah rumah pak sugeng diperumahan tropodo dan didepan rumahnya ada lapangan

      • Assalam wr.wb,…
        Trim’s buat saudara2 sekalian yang telah meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan saya tsb,…
        mohon maaf jg di karenakan kesibukan saya bekerja, saya jadi terlambat untuk membalas.
        akan tetapi saat ini saya berposisi di luar pulau jawa, jadi saya mohon dengan sangat, buat saudara2 sekalian jika ada yang tau nomor tlp bpk. Sugeng Langgeng,mas samsul arifin (pipin), atau mas minan sutrisno, mohon kontak saya via email (putraseruyan@gmail.com)
        saya sangat menghargai jika anda bersedia membantu saya.
        wassalam,…wr.wb
        REGARDS.

      • Mas Alfan. Tolong sampaikan salam buat Pak Sugeng dari saya Arman (Sumbawa) BS Malang. Moga kalau ada rejeki saya bisa ke Malang ketemu Pak Sugeng dan teman BS di Malang….. Salam BS Mas Alfan….

      • Taufik al Amin@.: Fik coba kamu hubungi H. Sahe aja siapa tahu H. Sahe ada nomor atau alamatnya Pak Sugeng. ni Hpnya H. Sahe (081319727679)…. Salam BS Fik dari Arman Sumbawa…..

  8. saya jg anggota budi suci..dan saya melihat kalian sdg mlkukan grakan jrus 5..

    • saya juga anggota budi suci sejak tahun 1991 dari sumbar,dan sudah lama tidak aktif lagi,itu kelihatanya betul jurus ke 5

    • sepertinya kalau tidak salah 4 tendet ya…jurus diatas

      • Lain daerah namanya menjadi macam-macam Pak, namun tetap tidak merubah hakekat nya

      • Betul … itu jurus empat tendet…

  9. satu lg..mgapa kalian tidak mlkukan lat. dmlam hari??apa karena kalian msuk dlm IPSI..alhamdulillah saya sgt senang bs berkenalan dgn saudara2 seperguruan..

    • Salam kenal Mas Dede.

      Semenjak kami bergabung dengan Budi Suci memang latihan selalu dilakukan pada siang hari, berkemungkinan memang karena sudah bergabung dengan IPSI, kemungkinan lain mengingat lokasi masing2 anggota yang saling berjauhan ke tempat latihan sehingga transportasi nya agak sulit jika pada malam hari

  10. Akhir tahun 2009 yang lalu saya pernah ketemu dan ngobrol dengan pak Zaenal, menurutnya bukan sering mengajar di Singapore. Akan saya tanyakan apabila beliau kontak dengan saya. Tkasih

  11. salam kenal..
    Asa yang tahu gak ya alamat pengurus budi suci di kota tegal,jawa tengah.maturnuwun.

  12. salam kenal untuk semua jamaah budi suci di jakarta, salam dari semua jamaah budi suci jambi ( singkut )

  13. Salam kenal..
    Saya anggota Budi Suci di Tanjung Enim dan dibina lagsung oleh pak pak Zainal Abidin dengan pengurus perguruan Budi Suci setempat. Seingat saya waktu itu pak Zainal Abidin memang tinggal di Prabumulih.

    Harapan saya kalau Budi Suci ini tidak menyimpang dari ajaran Islam yang saya anut, adalah, semoga ilmu kanuragan Budi Suci yang begitu bermanfaat dan praktis itu dapat terus berkembang dan memasyarakat..

    Salam,

  14. Maaf sedikit tambahan frame waktu. Ketika bergabung di Tanjung Enim itu sekitar tahun 1990-1991.

    Salam,

    • pak LENQkenq masih adakah perguruan budi suci di tanjung enim sekarang, kalau masih di mana biasa tempat latihannya, saya sering bersama pak zainal latihan bersama di tanjung enim tepatnya di rumah pak usman gumanti kalu tidak salah

  15. Salam kenal semuanya….

    Alhamdulillah bisa berkenalan dengan saudara seperguruan dan para sesepuh Budi Suci. Bersyukur sekali pak LENQkeng bisa dibina langsung oleh guru besar Budi Suci.. Saya sekarang ada di Banda Aceh, kalau ada sahabat-sahabat yang sempat main ke Banda Aceh, dengan senang hati saya akan menyambut kedatangan sahabat-sahabat sekalian.

    Salam hangat,

    • Salam kenal bung bharata yudho.

      Apakah anda msh bertugas di banda aceh?

      • Mas Aryf,

        Iyaa saya masih di Banda Aceh.. kalau main kemari kontak saya yaa.. ini email saya, bharata_yudho@yahoo.com

  16. salam kenal semuanya…
    saya juga merupakan anggota budi suci untuk wilayah prabumulih yang saat itu di latih langsung oleh pak zainal Abidin atau kisingalodara sampai ianya pindah ke indramayu, kira tahun 1997 tidak lama kemudian pak zainal hijrah ke riau dan ianya langsung membuka cabang perguruan di kepulauan batam riau kalau tidak salah pada tahun1998, dan dan pada tahun 2009 saya bertemu langsung dengan dengan beliau di muara enim yang saat itu ianya mengatakan telah membuka perguruan budi suci di kota Pagaralam Sumatera Selatan dan akan membuka perguruan budi suci di singapur dan malasya

  17. Ass… Saya wahyu, saya pengen tahu dmn tmpt lthn pencak silat d prabumulih ya, krn saya pengen ikt lthn dan kalau tahu tlng krm kan almt ny dmn ya…?

  18. mohon info alamat ilmu silat budi suci di solo, tolong di E-mail ke ndaru2010@gmail.com

  19. Minta alamat silat budi suci dilampung

  20. Minta alamat silat Budi Suci di Lampung

    • Maaf Mas saya kurang tahu tempatnya

  21. yaelah….

  22. saya minta alamat pengasuh/ guru budi suci kota medan mas..?? karena saya kesulitan menemukannya. balas kemail sy juga ya…??assw.

    • Mohon maaf Mas untuk perwakilan Medan saya kurang mengetahui alamatnya, mungkin ada rekan-rekan lainnya yang tahu ??

  23. ada yg mengetahui kontak budi suci untuk cabang singapura?? saya sangat kesulitan buat kontak d sini…..
    informasi apapun sangat membantu, kalau kawan2 di sini ada yg tahu…

    • Rekan-rekan yang bisa menjawab pertanyaan dari sdr Nanda diatas… tolong dibantu yach….

    • Salam kenal Pak Tongat,

      Untuk daerah Singapura saya kurang tahu… namun saya memiliki Dewan Guru yang bernama Artis Rajo Indo… mungkin beliau bisa bantu, umur Bapak tersebut sekitar 55 tahun…. no hp beliau adalah 081374958068, beliau termasuk salah seorang yang memperkenalkan Budi Suci di Sumatera Barat.

      Semoga bisa bermanfaat

  24. saya david anggota budi suci lahat,saya ingin sekali mendalami nya kalau bisa saya belajar langsung dengan kalian semua,.,.,.,.,.,

    salam kenal david

    • Salam kenal Pak David,
      Saya memiliki Dewan Guru yang bernama Artis Rajo Indo… mungkin beliau bisa bantu, umur Bapak tersebut sekitar 55 tahun…. no hp beliau adalah 081374958068, beliau termasuk salah seorang yang memperkenalkan Budi Suci di Sumatera Barat.

      Semoga bisa bermanfaat

  25. saya seorang yg mau belajar juga. bantu saya dong kasi alamat atau orang/ guru yang bisa mengajarkan budi suci di kota medan

    • Salam kenal Pak Tongat,

      Untuk daerah Medan saya kurang tahu… namun saya memiliki Dewan Guru yang bernama Artis Rajo Indo… mungkin beliau bisa bantu, umur Bapak tersebut sekitar 55 tahun…. no hp beliau adalah 081374958068, beliau termasuk salah seorang yang memperkenalkan Budi Suci di Sumatera Barat.

      Semoga bisa bermanfaat

    • Salam kenal Pak Tongat,

      Untuk daerah Medan saya kurang tahu… namun saya memiliki Dewan Guru yang bernama Artis Rajo Indo… mungkin beliau bisa bantu, umur Bapak tersebut sekitar 55 tahun…. no hp beliau adalah 081374958068, beliau termasuk salah seorang yang memperkenalkan Budi Suci di Sumatera Barat.

      Semoga bisa bermanfaat

  26. […] BERITA TERKAIT : Padukan Keimanan dan Kesucian Budi […]

    • Maaf sebelumnya,,perlu diketahui Guru Sigalodra pernah bercerita bahwa K. Sidik tidak pernah mengajarkan ilmu Budi Suci, justru K. Sidik tidak memperkenankan Ki Singalodra mempelajari ilmu Budi Suci, bahkan Ki Singalodra selalu mencuri gerakan2 dari ayahnya K.Sidik ketika Ayahnya mengajar murid2nya Ki Singalodra memang selalu ikut kemana saja Ayahnya pergi. Sebenarnya K.Sidik memiliki putra tertua namun meninggal krn sebelumnya budi suci diwarisi ke putra tertua sedangkan Ki SIngalodra putra kedua,sehingga kakaknya meninggal maka ki singalodra yang menggantikan kakaknya…namun demikian saya mengharap agar para murid2 diseluruh indonesia baik yg seniur maupun yunior agar mempersatukan tekad dalam mengembangkan budi suci indonesia…salam dari saya Ki Wiralodra

  27. Sya angota budi suci dari bengkulu, skrang saya ada di palembang, dmna alamat budi suci yg ada di palembang yg tau kontac sya 087714843413 saya inggin bergabung.
    Terima kasih

  28. Assalamualaikum..
    Saya mau tau untuk di pekanbaru Riau Budi Suci ada gak pak? Klo ada alamatnya dimana..
    Terimakasih.

    • Assalamulaikum, Bapak/Ibu anggota Budi Suci Saya minta informasi apa didaerah Surabaya ada tempat latihan mohon informasi ini kontak person saya 082302149111

Tinggalkan Balasan

