Prototipe Roket Pribadi Komersial Dipamerkan

OSHKOSH, RABU – Mobil terbang mungkin belum ada. Namun, roket pribadi yang dapat membantu pengendaranya lalu lalang di udara dengan bebas telah tersedia.

Roket pribadi yang dirancang Glenn Martin dipamerkan dalam AirVenture Oskhkosh 2008, konvensi tahunan mengenai kendaraan terbang eksperimen di Oshkosh, Winconsin, AS. Roket tersebut membawa bahan bakar 19 liter yang dapat dipakai untuk terbang sejauh 30 kilometer dalam waktu sekitar 30 menit.

Di hadapan peserta konvensi, anaknya yang bernama Harrison (16) duduk di atas kendaraan yang hanya diletakkan di belakang punggung tersebut. Begitu roket dinyalakan, Harrison melayang di udara dan diam selama 45 detik pada ketinggian sekitar 1 meter. Kendaraan beroket ganda dengan ukuran sebesar piano standar ini dijual sekitar 100.000 dollar AS.

Terhambat regulasi

Sayang, penggunaan kendaraan semacam ini masih dilarang secara bebas, khususnya sesuai regulasi di AS. Badan Penerbangan Federal (FAA) hanya mengizinkan untuk penggunaan terbatas, yaitu olahraga atau hiburan.

Kendaraan tersebut telah didesain memenuhi syarat definisi kendaraan ultraringan, dengan berat kurang dari 115 kilogram dan hanya membawa satu orang. Saat ini sudah ada dua perusahaan yang menawarkan produk serupa, yaitu Tecnologia Aerospacial Mexicana dan Jet Pack International.    

Tecnologia memproduksi sabuk roket yang menggunakan bahan bakar hidrogen peroksida untuk 20 detik penerbangan. Sementara itu, Jet Pack International telah menyediakan kendaraan terbang yang dapat dipakai untuk menempuh sekitar 18 kilometer dengan 5 galon bahan bakar.

Sumber : www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: