Jepang Ciptakan Robot Peragawati

TOKYO, SELASA – Jepang yang dikenal dengan industri robotnya kembali mengguncang dunia dengan menciptakan robot peragawati. Robot buatan Institut Teknologi Prefektur Hyogo dan didukung Organisasi Industri Riset Baru di Kobe itu didesain untuk menirukan gerak-gerik seorang peragawati yang sedang bergaya di atas catwalk.

Seperti dilaporkan Kyodo di Tokyo, Selasa (22/7), robot bernama Manekin Robotto itu bisa berlenggak-lenggok persis seperti peragawati. Robot yang memiliki postur tubuh setinggi 160 cm luwes sekali menggerakkan badan, mulai dari gaya berjalan, menolehkan kepala, lengan, pinggang, hingga bagian tubuh lainnya. Tentu saja jangan samakan dengan model sebenarnya.

Menurut para perancangnya, robot peragawati itu cocok dimanfaatkan untuk kegiatan fashion show ataupun acara promosi lainnya. Harganya juga relatif murah karena hanya dijual sekitar 940 dollar AS.

Namun, robot tersebut masih memerlukan tahapan akhir berupa polesan wajah dan lapisan kulit untuk membalut kerangka besi dan kabel-kabel yang melingkupinya. Saat ini, prototipenya masih berupa kerangka besi dan kabel-kabel.

Kulit penutupnya juga akan dibuat menyerupai kulit manusia, sehingga betul-betul terlihat seperti seorang gadis model yang cantik, tentu saja dengan membuat wajah bak seorang peragawati terkenal.

Jepang dikenal sebagai surga bagi robot karena para peneliti di sana tak henti-hentinya bereksperimen mengembangkan beraragam jenis robot. Robot huamnoid paling canggih selama ini adalah Asimo buatan Honda, yang bisa bertingkah laku seperti manusia umumnya seperti menari, berjalan, dan berlari, hingga menjadi asisten dokter.

Industri robot di Jepang kini memang cenderung mengembangkan jenis robot yang bisa menjadi pelayan dan asisten bagi manusia. Hal tersebut dipicu permintaan akibat semakin besarnya komposisi kelompok masyarakat berusia lanjut di Jepang dalam 50 tahun ke depan.

Sumber : www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: