Hati-hati Berkendara Menerjang Hujan

Ada banyak hal yang perlu diwaspadai saat hujan turun saat Anda berkendara

Ada banyak hal yang perlu diwaspadai saat hujan turun termasuk ketika Anda berkendara di jalan raya menyusuri genangan air di jalan. Berikut ini kami ingatkan Anda untuk selalu berhati-hati :

1. Saat berkendara di jalanan yang basah, sebaiknya kurangi kecepatan. Jalanan yang basah ada kemungkinan akan terjadi Aquaplanning yaitu terbentuknya lapisan segitiga antara ban dan permukaan jalan. Hal ini akan membuat mobil kehilangan traksi dan kemampuan mengerem.

2. Perhatikan saluran masuk udara pada mobil Anda jika Anda melewati jalan yang tergenang air. Jangan memaksakan diri untuk melewati genangan air yang tingginya melebihi ketinggian saluran masuk udara. Pada mobil sedan pada umumnya berada di balik lampu depan, sedangkan pada minibus letaknya di atas spatbor.

3. Jika Anda terjebak banjir, dan genangan air masih di bawah lubang saluran udara dan system pengapian maka Anda tidak perlu mematikan mesin meski knalpot terendam. Tekanan gas buang akan memblokir air yang masuk ke knalpot. Jika mesin mati saluran buang malah tak punya tekanan sehingga air akan langsung menerobos masuk. Jalankan saja mobil secara perlahan di putaran tinggi pada posisi gigi transmisi terendah dengan stabil.

4. Jika Anda berkendara saat hujan yang disertai petir yang menyambar-nyambar sebaiknya Anda matikan radio mobil. Beberapa komponen di dalam radio mobil sangat rentan terhadap gangguan petir.

5. Jika wiper macet atau air penghapus kaca habis padahal Anda tengah berada di tengah jalan saat hujan. Coba trik darurat. Carilah warung dan beli sabun colek. Oleskan sabun memanjang di pinggir kaca depan bagian atas. Zat kimia di dalam sabun akan membuat air hujan langsung tergelincir jatuh sehingga Anda terhindari dari kaca buram.

6. Sehabis melewati banjir, penting untuk memeriksa rem mobil. Komponen rem yang terendam air bisa menimbulkan karat dan menyebabkan kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: