Router, Apa itu?

PENGERTIAN ROUTER

ROUTER adalah perangkat keras yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan yang memiliki subnet berbeda. Router juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas traffic jaringan memiliki tugas sangat fital dalam menentukan kondisi sebuah Network.
Saya akan mencoba mengilustrasikannya sebagai berikut:
Seorang ibu rumah tangga (bernama 172.19.77.0/25) mempunyai dua orang anak (anak pertama bernama 192.168.1.0/25 dan anak kedua bernama 192.168.2.0/25). Kemudian ibu tersebut setiap harinya mendapatkan satu potong roti yang ia dapat dari suaminya yang bernama 219.83.117.38.
Karena sang ibu tersebut bermaksud ingin membagi roti tersebut agar ia dan kedua anaknya dapat menikmati roti, maka ia membaginya menjadi tiga bagian. Nah, dengan begini masing-masing mendapat satu bagian roti. Proses pembagian inilah yang disebut dengan routing. Proses ini berjalan setiap hari, jadi setiap sang ibu tersebut mendapat roti dari suaminya kemudian roti tersebut di-routing ( he..he..he..) menjadi tiga bagian. Sampai pada suatu ketika sang ibu melahirkan satu anak lagi (bernama 192.168.3.0/25), maka setelah adanya anak ketiga tesebut selanjutnya roti yang tadinya di-routing 3 bagian kini di-routing menjadi 4 bagian.
Pertanyaanya sampai anak ke berapa ibu tersebut mampu me-routing roti tersebut? Jawabnya ada pada kode 172.19.77.0/25. Kode “/25” berarti “/255.255.255.0” artinya ibu tersebut memiliki limit untuk mempunyai anak sebanyak 253 (limit tersebut bisa diganti sesuai dengan kebutuhan, lebih jelasnya silahkan pelajari Manajemen IP dan Subnetting). Maka sampai batas “/25” berarti ibu tersebut mampu me-routing roti dari suaminya tersebut sebanyak 254 bagian. 253 bagian untuk anaknya, 1 bagian untuk dirinya sendiri (otomatis kan bagianya menjadi lebih sedikit).
Begitulah seterusnya, jadi misal anak pertama yang bernama 192.168.1.0/25 kok sudah memiliki anak lagi, kemudian bermaksud untuk membagi roti yang dia dapat dari ibunya tadi, ya dia harus merouting roti tersebut.
Kalau di amati sebenarnya sang ibu mendapat roti dari suaminya itu, roti yang di-routing juga kali ya. Berarti sang suami punya selingkuhan dong (he…he…bercanda).
Kembali ke topik.
Jadi, dalam jaringan komputer, routing digunakan sebagai alat proses pembagi (pemberi)  hak suatu PC untuk mengakses dari rumpun LAN 1 ke rumpun LAN yang lainnya, begitu juga sebaliknya.
JENIS-JENIS ROUTER
Ø PC Router
Sebuah Personal Computer (PC) yang digunakan sebagai router(Routing) biasanya menggunakan komputer yang memiliki lebih dari 1 NIC (Network Interface Card) dengan menggunakan Operating Sistem yang mendukung untuk dijadikan router dan ditugaskan untuk menangani tugas sebuah router.
Ø Instant Router
Dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa jenis router ini adalah suatu alat buatan dari suatu perusahaan yang didesain untuk menjadi router secara instant. Sehingga settingnya pun lebih mudah, hanya saja sayangnya menu yang ada didalamnya sangat terbatas. Dan biasanya jenis router ini memiliki fungsi ganda sebagai switch/hub.
Ø Router Hardware (cisco)
Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.
http://insunmedal.wordpress.com

Satu Tanggapan

  1. aku ngikut baca…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: