Pengertian dari Router,Swicth dan Hub

Apa pengertian dari router,swicth, dan hub? fungsinya tuk apa..? jika digunakan bersama-sama ada masalah apa ga..?

Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. Karena sifatnya ini, hub tak ubahnya seperti repeater dengan banyak port. Dia tidak mengenal MAC addressing/physical addressing, sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan, sehingga collision tidak bisa dihindari pada metode kerja si hub ini.

Switch merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 2, Data Link Layer. Meski bentuknya serupa dengan hub, kita tidak sebaiknya menyebutnya dengan istilah switch hub. Switch bukanlah hub. Switch menggunakan MAC Address untuk memilah paket data mana yang akan diteruskan ke port mana. Sekali ada perangkat yang terhubung melalui port tertentu, dia akan mencatatnya pada MAC Address table di memorynya, sehingga punya “ingatan” sederhana untuk meneruskan paket data ke port yang sesuai saja, dan tidak membabi buta layaknya hub. Collision masih mungkin terjadi, namun sudah diminimalisir.

Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih. Semisal, di suatu warnet ada 10 client yang menggunakan IP Address 192.168.1.xx kita anggap sebagai network A, sedangkan koneksi dari ISP dialokasikan IP Address 202.123.321.xxx kita anggap sebagai jaringan B, maka agar client warnet bisa terhubung ke ISP dan juga ke internet, diperlukan satu router di warnet tersebut yang memiliki setidaknya 2 port. Satu port menjadi bagian dari network A, dan satunya lagi menjadi bagian dari network B.

Nah, jawaban untuk pertanyaan kamu yang terakhir, jika digunakan bersama-sama…. ya tidak muncul masalah apa-apa, asalkan digunakan sesuai fungsinya. Hub sekalipun masih bisa berguna jika kita manfaatkan untuk men-daisy-chain atau menambah jumlah port yang kurang dari switch yang ada.

Lebih Singkat dan Padat

Hub : Merupakan Divice yang berfungsi untuk menghubung
Media jaringan ( Kabel UTP / STP ) namum memiliki
kekurangan ialah membagi bendwitch pada setiap
klien misalnya, bandwitch 512 Kbps dan ada 6 Klien
maka 512 Kbps harus dibagi 6.
Switch : Berfungsi sama dengan Hub namun memiliki
kelebihan ialah tidak membagi bandwitch misalkan
Bandwitch 512 kbps dan ada 6 klien maka setiap
klien akan mendapatkan 512 kbps.
Router : Berfungsi untuk menghubung beberapa jaringan
akan dibangun

Sumber : http://id.answers.yahoo.com

2 Tanggapan

  1. thanks informasinya,.

  2. thankz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: