Mengembangkan Jurus Silat Si Pitung

 


Liputan6.com, Depok: Kisah jawara Betawi Si Pitung rupanya masih terus hidup di hati masyarakat. Salah satunya dengan melestarikan jurus silat ala Pitung, cingkerik. Jurus silat yang sudah lama tidak terdengar ini terus dikembangkan oleh Perkumpulan Pencak Silat Cingkerik di Depok, Jawa Barat.

Sumirat, pemimpin perkumpulan silat cingkerik mengatakan jurus Pitung ini dikembangkan sejak perguruan ini berdiri 60 tahun lampau. Namun, baru belakangan jurus yang dikeluarkan jawara Betawi saat melawan kaki tangan kompeni ini mendapat respons positif.

Dia menambahkan tidak banyak orang yang paham betul makna silat. Silat bukan sekadar pamer dan adu kekutan. Penguasaan pencak silat sebenarnya lebih untuk bela diri dan lebih dekat pada Yang Kuasa. Tanpa pemahaman itu niscaya silat cingkerik akan pudar seiring zaman.(TNA/Nahyudi)

15 Tanggapan

  1. mohon bantuanya,.😀
    Perkumpulan Pencak Silat Cingkerik di Depok ini alamat jelasnya dinama ya,.?
    trima kasih

  2. Assalamualaikum wr.wb

    Tidak ada sangkut pautnya antara Si Pitung dan Cingkrik, sesepuh Maenpukulan di Rawa Belong yang notabene kampung tempat kelahiran Cingkrik dan Si Pitung menyangsikannya. Masa Si Pitung mendahului lahirnya Maenpukulan Cingkrik, yang di kreasikan oleh Ki Maing.

    Sepengetahuan saya, Cingkrik yang ada di Depok adalah Cingkrik dari gaya Maenpukulan Kong Sakam yang berlatih bareng Kong Sinan di Rawa Belong. Di Depok latihan di belakang kampus UI, di bawah asuhan Bang Popon yang mantunya Kong Sakam.

    Mungkin ada Cingkrik yang lainnya di Depok…?

    Tabe’

    • kong sakam kalo gak salah abangnya kong sakim yaa

  3. OK nice,… emang lo bener tong tentang cingkrik,… siapa pu yang bikin tu teknik jelas dia bukan orang sembarangan, dan bener lo’ silat itu pada dasarnya tidak adu kekuatan, tapi perpaduan antara daya lahir dan batin yang di olah dan diasah, liat aja silat keliatan tidak ada apa-apanya ketimbang wushu tapi silat punya daya dalam yang kuat karena bertarung dengan melibatkan si pencipta kehidupan yaitu tuhan. pesilat tidak akan takut apapun…. Kanuragan, mantap kan tong

  4. slama ada penerus bangsa budaya cingkrik takan hilang. . .

    salam murid kong ayat

  5. si pitung ajarin silat dong

  6. bang,aye mao belajar silat nih,,,
    aye minta kontak personnya bang,,,,

  7. dicilacap ada ngga nih

  8. siapa yg bis silat ajarindong dan lestarikanlah pencak silat cingkrik semasih ada penerus bangsa

  9. semasih ada penerus bangsa pencak silat cingkerik taakan bisa hilang dan harus di lestarikan

  10. halo kota betawi yg kucinta walaupun bng pitung udah tiada tetapi pencak silat cingkerik dan pencak silat lainnya harus di lestarikan dengan bangsa atau dengan diri kita sendiri

  11. bang pitung mangkat dewasa mengenbara ke wilayah selatan,dan matengin maen pukulnya tp bukan cingkrik,ga punya jurus tp maen langkah ama tangan…5…9…12….itu langkahnya.ga boleh mundur dan ga boleh menghindar…lawan nyerang langsung habis…ga ada gerakan 2x….ini sangat berbahaya mangkanya ga di buka di publik,apa lagi isinya…salah satu ilmu kebalnya aja masih ada ampe sekarang…pohon aja di pegang ikut kebal….balok pakai jari aja tembus….hanya sekedar informasi….yang jelas ini ga di buka di umum….

  12. setau saye silat cingkrik itu untuk jaga diri aje, bukan untuk di adu apa lagi buat ajang mencari duit ..

    Salam dari daerah barat jakarte , cingkrik Tumbal Pitung JATAYU asuhan babe amang/tarman

  13. jangan2 blatper juga jurusnya kong pitung

  14. Assalamu’alikum wr wb,,,maaf niie abang2 putra betawi..aye ajie dari depok..abang2 aye pengen ikut silat untuk melstari kn budaya betawi..stiap aye dengar nama abng kite bang pitung aye merasa merinding,,seprti nye kite2 anak betawi hrus tetap mnjaga perjuangan abang kite bang pitung,,dgan mlestarikn silat betawi..kalo ada guru silat aye maau belajr,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: