Kekhasan Silat Golok Seliwa

 

Liputan6.com, Jakarta: Orang mengenal sosok laki-laki setengah baya ini dengan nama Bang Husin. Ia tinggal di salah satu sudut Kota jakarta sebelah selatan. Jika dilihat sekilas ia tak lebih dari seorang pria yang sederhana. Namun, di balik kesederhanaannya itu Bang Husin menyimpan ilmu silat yang disebut ilmu golok seliwa. Ini adalah sebuah ilmu silat golok Betawi yang sudah sangat langka.

Dibanding teknik golok yang ada di perguruan pencak silat lainnya, teknik silat golok seliwa memiliki kekhasan tersendiri. Salah satunya adalah menyembunyikan golok di bawah ketiak.

Awalnya Bang Husin tidak berkeinginan untuk mewariskan ilmu goloknya ke orang lain. Namun, suatu ketika sekelompok anak muda yang gemar mendalami ilmu silat melihat kemampuan yang dimiliki Bang Husin. Mereka kemudian memutuskan untuk menggali ilmu pada Bang Husin. Melihat kesungguhan anak-anak muda ini, Bang Husin pun tergerak untuk mewariskan ilmunya.

Kini Bang Husin giat melatih para anak didiknya yang serius ingin mendalami ilmu golok seliwa. Bagi Bang Husin yang penting bukan banyak atau sedikitnya jumlah murid, tapi keseriusan mereka dalam menerima ilmu silat yang sudah terancam punah.(IAN/Dodit Setiyohadi dan Anambo Tono)

2 Tanggapan

  1. Tolong kasi info alamat lengkap Bang Husin dong, sptinya aye tertarik belajar silat golok seliwa.
    Tlg infonya N thx sebelumnya yah.

  2. Silahkan dibaca di link berikut Pak Sandi, semoga bisa membantu

    http://archive.kaskus.us/thread/1509585/30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: