Menawan Di Sini Ada Kehidupan

SUBHANALLAH! ALLAH MEMANG maha sempurna dan berkuasa. Ia mampu menciptakan apa saja. Tidak hanya pantai yang indah, tetapi ia juga menciptakan keindahan alam di tempat yang gelap gulita, di tempat yang tersembunyi. Betapa tidak. Di dalam gua yang dikenal dengan sebutan Gua Baba di Kelurahan Batu Gadang Indarung Padang, kita bisa melihat keindahan alam dari berbagai jenis bebatuan. Batu alam tersebut telah menyulap kegelapan menjadi sebuah keindahan. Batu-batu itu bisa memantulkan secercah cahaya yang elok dipandang mata. Sentuhan sinar senter yang lembut menghadirkan keindahan tersendiri yang bermakna.

Gua Baba di Kelurahan Batu Gadang Indarung memang tidak setenar objek wisata lain seperti Pantai Padang, Pantai Aia Manih maupun Pondok Carolin. Tetapi Gua horizontal ini memberikan keindahan alam yang unik. Sesaat memasuki mulut gua, kita akan disambut berbagai ornamen gua yang sedap dipandang mata. Dalam kegelapan, kita  bisa menikmati keindahan batu alam yang mampu memancarkan cahaya.  Di sana kita juga bisa melihat batu ‘hidup’, yang tumbuh berkembang dari bawah (stalaknit) dan juga yang menggantung dari atap gua (stalaktit). Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 10 tahun bagi batu itu untuk bisa tumbuh sepanjang satu sentimeter. Keindahan pertemuan antara stalaknit dengan stalaktit bisa ditemui di sana. Suatu proses yang menelan waktu puluhan tahun hingga ratusan tahun. Batu itu saat ini masih tetap hidup, karena masih ada aliran air sebagai salah satu syarat kehidupannya.

Stalaktit terbentuk karena ada air yang menetes dari langit-langit gua. Dalam proses menetes tadi terbawa material yang kemudian menjadi bahan dasar stalaktit dan stalagmit. Material yang tertimbun pada dasar gua itu yang disebut stalagnit, sedangkan yang menggantung seperti sarang tawon dan berada pada langit-langit gua disebut stalaktit. Jika stalagnit dan stalaktit menyatu atau bertemu, akan membentuk seperti pilar yang dinamakan tiang karst. Bagi yang memiliki hobi fotografi, tentu tidak akan kecewa. Di sepanjang lorong terdapat banyak ornamen gua yang unik yang bisa dijadikan background pemotretan. Stalaktit serta stalagmitnya berukuran besar, keberadaan gua ini sudah sangat lama. Untuk pembentukan stalaktit dan stalagnit saja membutuhkan proses lama, apalagi dalam gua sudah ada yang membentuk tiang karst.

Kesejukan di dalam juga hadir akibat aliran air berupa sungai kecil yang ada di gua tersebut. Tidak hanya batu, dan air, di sana juga ada kelelawar penjaga gua yang setia dan juga burung layang-layang serta hewan kaki seribu. Bagi anda yang belum pernah berwisata ke gua, tidak ada salahnya menyempatkan diri ke Gua Baba. Selain dapat dijangkau dengan mudah, gua ini juga memiliki kelebihan lain. Di luar gua, kita juga dapat menikmati dinginnya air sungai yang bersih. Percikan air dan aliran air yang deras akan mampu menghilangkan kejenuhan kita. Anda juga dapat mandi-mandi di sungai kecil nan bersih itu, tetapi tentunya harus memperhatikan adat dan kesopanan dan janganlah membuang sampah sembarangan, karena mempengaruhi keberlangsungan hidup gua itu sendiri.  Selain pemandangan keindahan alam, di Gua Baba anda juga dapat menguji nyali. Dinding gua amat cocok dijadikan lokasi pemanjatan tebing. Tetapi untuk melakukan hal ini, ada harus ikut bersama orang-orang yang bermengalaman di bidang panjat tebing.
 

Tinggalkan Balasan

