Sumatera Barat Bangunan Asli Abad Ke-19

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya potensi pariwisata. Kota Padang, Ibu Kota provinsi ini, merupakan satu dari sejumlah kota yang selama ini cukup banyak diminati wisatawan. Padang memiliki beberapa lokasi objek wisata. Di antaranya Museum Adityawarman, yang dibangun dalam bentuk rumah adat Minangkabau Gajah Maharam.

Museum yang terletak di Jl Diponegoro, Padang itu memiliki kekhasan berupa dua lumbung padi di depannya. Dalam museum ini terdapat sejumlah koleksi prasejarah dan barang-barang antik, seperti catatan-catatan tua bersejarah, keramik, dan peragaan etnografis kebudayaan Minang dan Mentawai.

Sekitar 25 km di selatan kota Padang terdapat Pantai Bungus. Terledak di sebuah teluk yang indah dengan air laut yang tenang, pemandangan pantainya pun indah. Dari pantai ini wisatawan dapat menyewa perahu untuk pergi ke sejumlah pulau karang yang berjarak sekitar satu jam. Pulau-pulau tersebut memiliki pantai berpasir putih yang indah diselingi bebatuan karang di pantai.

Berwisata ke Sumatera Barat (Sumbar) jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kota Bukittinggi. Kota ini merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan yang berwisata ke provinsi tersebut, terletak 90 km di utara kota Padang. Perjalanan ke Bukittinggi akan melewati kawasan air terjun Lembah Anai dan kota Padang Panjang. Lembah Anai terkenal dengan pemandangannya yang indah. Panorama lembah, bukit dan hutan di kawasan ini akan membuat Anda terkesima. Dari kejauhan, para wisatawan bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.

Sekitar 19 km sebelum mencapai Bukittinggi terdapat Padang Panjang. Di kota ini terdapat Perkampungan Minangkabau yang menampilkan bentuk-bentuk bangunan asli perkampungan pada abad ke-19 dengan berbagai bentuk dan fungsinya. Di antaranya, rumah adat Rajo Babandiang, Kajang Padati, dan Rantau Panisia.

Bukittinggi merupakan kota perbukitan yang terletak di tengah-tengah Lembah Agam. Kota ini memiliki udara yang segar dan agak dingin karena kota ini berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Destinasi yang biasa dikunjungi di Bukittinggi adalah Jam Gadang. Menjadi ciri utama kota ini, Jam Gadang berupa menara jam dengan miniatur rumah minang di puncaknya, dan berada tepat di jantung kota.

Di dekat Jam Gadang terdapat Pasar Atas, pasar terbesar dan pusat perdagangan di Bukittinggi. Setiap Sabtu, Minggu, dan Rabu pasar ini selalu ramai dikunjungi pembeli.

Sumber : http://www.republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: