Silungkang Art Center Cinderamata Khas Sumbar

Ingin mencari suvenir khas Sumatera Barat saat berkunjung ke Ranah Minang itu? Cobalah datang ke Silungkang Art Center di jalan Imam Bonjol No.15 D/E, Padang, Sumatera Barat. Di sini Anda bisa menemukan aneka jenis barang kerajinan khas Sumbar dengan mudah.

Silungkang Art Center dirintis Devi Melmusi sepuluh tahun silam. Dara asli Silungkang, Sumatera Barat ini memang telah lama akrab dengan barang-barang kerajinan khas Sumbar. Itulah sebabnya Devi menamakan tokonya sebagai pusat seni alias art center.

Barang kerajinan di Silungkang Art Center adalah hasil karya pengrajin-pengrajin mitra binaan Devi. ”Semua cinderamata dagangan kami berasal dari hasil karya pengrajin-pengrajin daerah. Mulai dari Padang, Silungkang, Pariaman, Payakumbuh, Solok, Sulit Air, dan Bukit Tinggi,” ungkap Devi.

Koleksi Silungkang Art Center yang paling diminati pembeli ialah songket dan kebaya. Meski begitu, penganan khas seperti keripik balado, kipang Balingka, dan kerupuk cancang juga laris terjual.

Tak hanya itu, pernak-pernik ragam asesoris pun banyak dicari pelanggan. Sebut saja tas anyaman, gantungan kunci, sarung ponsel, tempat kosmetik, dan dompet. Selain itu masih ada sendal datuk, sepatu dan sandal bordir, serta sepatu dan sandal dari bahan songket yang tak kalah laris.

Kualitas barang-barang Silungkang Art Center terkenal cukup baik. Seluruh barang khas Sumbar ini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko lain.

Bahkan Devi berani mengatakan tokonya lebih murah dibandingkan dengan harga yang dipasang pedagang di Pasar Atas, Bukit Tinggi. ”Soalnya kami kan mendapatkan barang langsung dari pengrajin,” ujar Devi memberi alasan.

Songket dijual mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 3 juta-an. Lalu, kebaya dijual Rp 65 ribu sampai Rp 1 juta. Sedangkan asesoris bisa diperoleh dengan harga Rp 500 sampai Rp 20 ribu.

Toko ini dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB. Umumnya, wisatawan lokal akrab dengan toko ini. ”Jika Anda tinggal cukup lama di Padang, Anda bisa memesan pakaian berdisain khusus di toko kami,” ucap Devi seraya berpromosi.  

4 Tanggapan

  1. saya mau cari tas anyaman dari padang….pernah dioleh2in tp gak tau namanya..saya mau cari lg.tolong yaaa…

  2. Hi Indah, salam kenal…

    Mau cari lagi… berarti yang kamu terima sebelumnya sangat bagus dong sehingga mengena di hati kamu, mau cari lagi untuk dijual atau untuk dipake sendiri…?

    Kalau tidak salah aku nama tas tersebut adalah “Tas Pandan” sebab emang dibuat dari daun pandan, tapi bukan pandan yang biasa untuk bikin kue…

    Mau berapa banyak kamu butuh…? sebab kalau beli banyak bisa dicari di grosiran, kalau di Sumater Barat itu tempatnya biasa ada di Kota Bukittinggi (http://kpt-bukittinggi.go.id), tapi kalau hanya 1 atau 2 buah banyak dijual di toko-toko souvenir di Padang.

    Aku tunggu jawaban selanjutnya dari kamu…

    Regard

  3. Hi….
    Saya Fifi, baru mencoba usaha kecil. Toko saya ini isinya berbagai macam tapi saya lebih mengutamakan barang2 kerajinan daerah….saya saat ini mencari suplier untuk toko saya…tapi ga dalam jumlah banyak skali loh….boleh dibantu kah?
    Trima kasih….

    Smile
    Fifi

  4. […] https://thomy265.wordpress.com/2008/01/09/silungkang-art-center-cinderamata-khas-sumbar/ Arsip […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: