Cara Ethernet Bekerja

Ethernet: sebuah standar pengkoneksian antar komputer secara fisik dalam suatu local area network (LAN) dan sebuah protokol komunikasi yang memungkinkan komputer saling berbagi data.

  1. Standar jaringan yang paling banyak dipakai
  2. Sangat cocok untuk pemakaian bisnis
  3. Kompatibel dengan semua sistem operasi modern
  4. Membutuhkan hardware dan sistem pengkabelan khusus.

Bila Anda memiliki banyak komputer dalam satu lokasi yang sama, ethernet mungkin dapat melipatgandakan produktivitas mereka. Dengan menciptakan sebuah jaringan ethernet, Anda dapat mentransfer file antara PC dan server file, mencetak dokumen pada printer yang letaknya seratus meter dari meja Anda, menjalankan aplikasi yang disimpan pada komputer lain, dan berbagi akses Internet kecepatan tinggi. Dengan semakin majunya teknologi jaringan yang populer ini untuk usaha kecil dan besar, tersedia dimana-mana dan kecepatan transfernya yang tinggi membuat ethernet menjadi standar de facto untuk jaringan.

Spesifikasi ethernet menjelaskan bagaimana data dikirim antar komputer dalam lingkungan fisik tertutup, demikian sebuah local area network atau LAN dijabarkan. Sebagai bagian dari sebuah LAN, setiap komputer memerlukan sebuah interface jaringan yang membundel data bentuk dalam potongan-potongan yang berjalan sepanjang jaringan dan sebuah titik koneksi, atau sebuah port, untuk menyambungkan kabel yang mengkoneksikan PC-PC tersebut. Port tersebut, yang terdapat pada motherboard atau pada sebuah kartu interface jaringan add-in, mengirimkan data ke jaringan dan menerima data yang dikirim dari komputer lain dalam jaringan tersebut.

Tetapi ethernet itu lebih dari sekedar hardware: Standarnya merupakan protokol komunikasi, atau bagaimana sebuah komputer yang terhubung mengirimkan data. Komputer yang tersambung dengan ethernet mengirim data sepanjang kabel dalam bentuk potongan-potongan kecil yang disebut paket. Anggap saja paket tersebut adalah sebuah koper, diberi label tujuan ke kota lain, berjalan pada sebuah sabuk konveyor bergerak di bandar udara: Prinsipnya sama terhadap data itu sendiri, dimana setiap paket membawa sebuah alamat tujuan dan alamat “rumah” komputer Anda.

Interface ethernet menggunakan sebuah protocol yang diberi nama “Carrier Sense Multiple Access With Collision Detection” untuk mengirimkan paket datanya. Pengertian dari nama panjang tersebut adalah bahwa pertama kali komputer akan mencari saat dimana tidak ada aktivitas seperti sebuah celah kosong antar koper pada sabuk konveyor di bandara sebelum mengirimkan sebuah paket. Setiap sebuah paket mencapai tujuannya, si pengirim mendapatkan konfirmasi sementara komputer menunggu celah kosong untuk membuka dan mengirimkan paket lainnya. Peranti yang terdapat di tengah jalan akan membaca dan melewatkan paket tersebut ke peranti yang paling dekat dengan alamat tujuan.

Kadang-kadang, dua peranti saling mengirim paket pada waktu yang bersamaan, mengakibatkan terjadinya sebuah “tabrakan/collision” dan kedua paket tersebut hilang, untuk sementara. Saat paket bertabrakan, PC yang mengirimkan paket tersebut langsung diberitahu, dan setiap PC tersebut memilih sebuah interval acak untuk menunggu sebelum mengirimkan paket lainnya. Pendekatan ini menolong untuk mencegah terjadinya kemacetan dalam jaringan.

Dalam sebuah LAN, paket-paket berlalu lalang sepanjang kabel; pengaturan dari kabel dan komputer yang dihubungkan dinamakan topologi jaringan. Walau spesifikasi ethernet memiliki berbagai macam topologi, konfigurasi yang paling populer adalah topologi bintang. Konfigurasi ini, dimana tiap komputer (atau node) dihubungkan langsung pada sebuah peranti terpusat (atau hub). Hub menerima paket dari satu node dan mendistribusikan ke node yang lain. Hub pasif hanya mengirimkan setiap paket yang ada ke semua node yang terhubungkan; hub switch akan mengirimkan paket hanya ke alamat yang dituju oleh paket tersebut.

Anda juga dapat menjalankan ethernet melalui sebuah topologi bus, dimana setiap komputer merupakan cabang dari sebuah jalur utama. Topologi bintang lebih mudah untuk dikelola dibanding topologi bus dan menggunakan sistem pengkabelan yang lebih murah. Tetapi Anda tidak perlu menciptakan sebuah LAN untuk memakai ethernet. Bila Anda hanya ingin mengkoneksikan dua buah ethernet, Anda dpat menciptakan sebuah jaringan peer-to-peer dengan menghubungkan sebuah kabel “crossover” (persilangan) antara kedua port jaringan PC tersebut. Ethernet juga biasa digunakan untuk mengkoneksikan PC-PC ke sebuah peranti Internet kecepatan tinggi, seperti pada modem kabel atau DSL.

Spesifikasi tersebut juga memberikan detail seberapa cepat data dapat berjalan dan jenis kabel yang harus digunakan. Untuk waktu yang cukup lama, ethernet 10Base-T, yang mampu melewatkan 10 megabit data per detik, merupakan teknologi yang paling cepat dan paling populer. Saat orang membutuhkan ethernet untuk jaringan yang lebih besar dan lebih kompleks, dan saat ukuran file membesar, ethernet 100Base-T (yang juga dikenal sebagai Fast Ethernet), dengan kecepatan sepuluh kali lebih tinggi, menjadi pilihan ethernet berikutnya. Untuk mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi, Fast Ethernet menggunakan pengkabelan mutu-tinggi yang mampu mengirimkan data lebih cepat tanpa harus menurunkan kualitas sinyal. Walau masih baru, dan belum sepenuhnya diterapkan, adalah versi terbaru yang mampu mengirimkan data hingga 1 gigabit per detik. Dan saat ini versi 10-gbps telah terbit di ujung horison. Koneksi super-cepat ini biasa digunakan untuk menciptakan jaringan yang besar, sehingga tidak terjadi penyumbatan atau tabrakan data

Satu Tanggapan

  1. Terima kasih atas informasinya, saya sedang belajar tentang jaringan komputer. Artikelnya sangat membantu saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: