Ikatan Pencak Silat Budi Suci Perpaduan Gerak Silat dan Zikir

PERGURUAN SILAT BUDI SUCI salah satu perguruan silat batin atau kerohanian yang sudah berkembang sejak dulunya. Aliran perguruan ini memadukan pernafasan dengan amalan doa melalui zikir.

Secara ilmiah, Silat Budi Suci memanfaatkan tenaga listrik yang mempunyai tegangan tinggi yang ada dalam diri. Dengan adanya kekuatan yang timbul dari gelombang listrik itu, maka musuh yang mempunyai niat salah akan terpental dan terjatuh.

Artis Dt. Rajo Indo

Begitu tingginya kekuatan dari dalam tubuh, dapat menimbulkan tenaga yang maha dasyat. Tidak salah kalau seorang anggota Budi Suci itu berzikir. Dalam berzikir mempunyai tingkatan-tingkatan amalan sesuai dengan perkembangan anggota yang mempelajarinya.

Perguruan Budi Suci merupakan tenaga batin atau kerohanian. Sebab, kekuatan yang ditimbulkan perpaduan pernapasan dengan amalan doa dan menyebutnya bukan Tenaga Dalam karena masih menggunakan amalan diiringi metode olah napas.

klik untuk perbesar gambar

Tenaga batin, adalah kekuatan luar biasa yang merupakan anggota kelengkapan ditubuh manusia sebagaimana halnya panca indra dan anggota tubuh lainnya. Tenaga batin bisa dibangkitkan melalui jurus-jurus silat yang dipadukan dengan olah nafas serta konsentrasi, dengan memohon keridhoan Allah SWT.

Karena itu, pengamalan Budi Suci berdasarkan kepada Al-Quran dan Hadist serta selalu berzikir. Dalam pelaksanaan zikir memakai suatu metode yang terdapat dalam ilmu sufi.

Metode pengamalannya dinamakan tarikat yang khusus mutlak diperlukan untuk amalan itu.

Aliran perguruan tenaga batin Budi Suci, mempunyai 10 jurus yang perlu diketahui setiap anggotanya. Masing-masing jurus tersebut, juga mempunyai amalan doa yang dilakukan melalui zikir.

 klik untuk perbesar gambar

Namun, sebelum memasuki amalan doa jurus yang akan dizikirkan, setiap anggota harus lulus zikir pondasi atau zikir awal. Hal ini bertujuan, agar diamalkan lebih berfaedah dan bermakna. Seperti dengan perguruan silat aliran tenaga bathin lainnya, Budi Suci juga mempunyai larangan dan pantangannya.

Larangan dan pantangan yang harus dihindari anggota Budi Suci itu, adalah melawan kepada kedua orang tua, melakukan zina, melakukan zina, meminum minuman yang memabukkan, berjudi dan berdusta.

 Syarat utama jadi anggota Budi Suci adalah beragama Islam dan mengerjakan salat. Kalau larangan dan pantangan itu dilanggar, maka dampaknya akan dirasakan.

Diterima IPSI karena Pencaksilatnya

ALIRAN perguruan tenaga bathin Budi Suci berkembang di Sumatera Barat, khususnya kota Padang sekitar tahun 1976. Orang – orang yang telah berjasa mengembangkannya adalah Tuangku Khaidir dan Buya M. Noer.

Kedua guru ini belajar dari Buya Baharudin sekitar tahun 1960-an, dan Buya Baharudin menuntut Budi Suci kepada Buya Syai’un di Palembang. Diatas Buya Syai’un itu ada tiga tokoh yang sangat berjasa sekali dalam pengembangan aliran Budi Suci, yaitu Syekh Siddiq, Syekh Arman dan Syekh Imran.

 klik untuk perbesar gambar

Tuangku Khaidir membawa Budi Suci ke Sumatera Barat sekitar tahun 1970-an dengan dua murid pertama nya, yaitu Nurdin Nong dan Syofyan yang pada tahun 1976 pergi ke Padang mengembangkan Budi Suci, tepatnya di Mata Air yang sekarang ini menjadi Sekretariat Pusat IPSBS.

Sedangkan Bagindo Bujang pun ikut mengembangkan Budi Suci di Pasir Sebelah Koto Tangah. Murid dari Syofyan, adalah Artis (Dt. Rajo Indo), Arpis, Akmal Men dan Asril. Pengangkatan Artis Dt. Rajo Indo menjadi guru, dilakukan oleh Tuangku Khaidir dan kemudian Nurdin Nong, murid dari Tuangku Khaidir didatangkan ke Padang dan bersama-sama mengembangkan Budi Suci. Keberadaan Budi Suci tidak hanya di Mata Air dan Pasir Sebelah saja, tapi menyebar dalam bentuk sasaran.

Berkat kegigihan Artis Dt. Rajo Indo yang ketika itu sudah diangkat menjadi guru, beliau bersama dengan yang lainnya mengurus izin latihan. Pada tanggal 22 Juli 1978, keluar izin latihan dari Polsek Teluk Bayur dan pada tahun itu juga diajukan izin ke IPSI untuk bergabung.

klik untuk perbesar gambar

Pada tanggal 4 April 1985, Perguruan Budi Suci yang selama ini berlatih bersifat sasaran diterima menjadi anggota Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sumatera Barat.

Diterimanya Budi Suci menjadi anggota IPSI, karena ada pencak silat nya, maka resmi lah Perguruan Budi Suci menjadi Ikatan Pencak Silat Budi Suci (IPSBS).

Selanjutnya IPSBS ditunjuk menjadi koordinator seluruh Perguruan Budi Suci yang membuka sasaran, maka dilakukan pendekatan dan pengalangan seluruh Perguruan Budi Suci yang ada.

Kemudian tanggal 4 Januari 1992, Pengurus IPSBS dikukuhkan IPSI Sumatera Barat yaitu oleh Ketua Umum IPSI Sumbar H. Bulkaini HA. Kini Perguruan Budi Suci terus berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Beberapa lokasi sasaran Budi Suci, yaitu di Banuaran, Mata Air, Parak Karakah, Pampangan, Taruko, Limau Manih, Pasar Ambacang, Pasir Jambak, STM 2 Padang dan Limau Manis serta GOR H. Agus Salim.

Untuk luar Kota Padang, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Pasaman Timur, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Dumai, Pekan Baru, Batam, Tembilahan, Jakarta, Malang, Bagan Siapi-Api dan beberapa kota besar lainnya.

BERITA TERKAIT :

Padukan Keimanan dan Kesucian Budi

Fauzi Bahar Lantik Pengurus dan Dewan Guru IPS-BS

About these ads

59 Tanggapan

  1. […] BERITA TERKAIT : Ikatan Pencak Silat Budi Suci Perpaduan Gerak Silat dan Zikir […]

    • pak saya mau bertanya untuk pelatihan silat budi suci yg cabang di Limau Manis ini dekat mananya ya pak? biar lebih jelas alamatnya trus jam brapa dan hari apa saja pelatihan nya pak?kemudian kalau yang di GOR H. Agus Salim hari apa saja sama jam berapa latihannya pak? karena saya mau masuk beladiri silat budi suci ini,tpi tidak tau tempat ,hari dan jamnya pak,mohon bantuanya ya pak,
      terimakasih

      • Budi suci Saya ingin belajar pencak silat,tpi saya tdk tau tempatnya ,trimakasih

  2. Assalam wr.wb
    apabila melanggar pantangan budi suci , hilangkah budi sucinya “ilmu” , atau sekedar balasan ,resiko tersendiri atas pelanggaran kita ? Dan pemulihannya ?

    • Wa Alaikumsamalam Wr. Wb,

      Salam Budi Suci Pak Syafran.

      Pertanyaan semacam ini sudah banyak ditanyakan kepada saya baik oleh kawan-kawan yang di Budi Suci sendiri maupun simpatisan yang ingin bergabung dan mendalami Budi Suci, terhadap pertanyaan Bapak dan kawan-kawan lainnya dapat saya sampaikan hal sebagai berikut :

      1. Ilmu dan pengetahuan saya masih sangat dangkal soal Islam ini namun saya tetap terus mendalaminya, jadi mohon maaf sebelumnya kepada semua seandainya penyampaian saya nanti ada yang salah.
      2. Selama yang saya pelajari tidak ada satu ayat Al-Qur’an dan Hadits pun yang menyatakan bahwa ilmu yang pernah kita pelajari bisa hilang, bentuk apapun ilmu itu, malah dinyatakan ilmu yang bermanfaat lah yang akan bisa menolong kita di akhirat nanti, jadi kalau ada orang yang katanya “ilmunya hilang” itu lebih karena ilmu atau pelajaran yang didapatnya itu tidak diulang-ulang atau diamalkan, bukankah juga sudah sering kita dengar bahwa semakin banyak kita memberikan atau mengamalkan ilmu kepada orang lain maka orang yang diberi tadi akan bertambah ilmunya dan sementara ilmu kita sendiri tidak akan berkurang, malah seperti multi level, seandainya orang yang kita beri pengetahuan tadi menerapkannya kepada orang lain maka Allah akan memberi kita pahala yang terus mengalir, akan begitu selanjutnya.
      3. Tidak dalam Budi Suci saja, dalam Islam kita diperintahkan untuk menghindari dosa-dosa besar seperti durhaka kepada orang tua, meminum minuman keras, berzina, berjudi, dll nya, sebab akibat yang ditimbulkannya akan sangat menrugikan kepada diri sendiri dan kepada orang lain.
      4. Terkait pada pertanyaa diatas, apabila melanggar pantangan budi suci , hilangkah budi sucinya “ilmu” ??? Dapat saya sampaikan bahwa seperti kita mengisi sebuah wadah dengan air, misalnya saja kita mengisi sebuah ember dengan air sampai penuh, dengan kita beribadah, sholat, zikir, puasa dan mengerjakan amalan wajib dan sunat lainnya berarti kita telah mengisi “ember” ilmu kita, TAPI………!!! dengan kita melakukan dosa-dosa besar baik secara sedikit-sedikit, itu sama saja kita memasukan batu-batu atau material berat lainnya kedalam “ember” ilmu tadi yang mengakibatkan “air ilmu” dalam “ember” tadi akan keluar secara perlahan-lahan sehingga secara tidak kita sadari hanya sedikit “air ilmu” yang tinggal dalam “ember diri kita” sehingga ibarat kita minum air tadi tidak mencukupi lagi untuk menghilangkan dahaga kita, disanalah kita berasumsi bahwa ilmu kita hilang.
      5. Untuk itu sudah menjadi kewajiban kita semua untuk kembali mengisi ember ilmu yang ada dalam diri kita, baik bagi seluruh anggota Perguruan Pencak Silat Budi Suci dimana saja berada dan kepada pemeluk agama Islam secara keseluruhan, tidak ada kata terlambat selama roh masih belum meninggalkan diri kita, karena “ember ilmu” kita sudah mulai berkurang airnya MARILAH kita secara sabar, tawakal serta berserah diri kepada Allah untuk mulai mengisi nya kembali, perlahan-lahan dan dengan keyakinan yang kita tanamkan kedalam diri, yakinlah “air” tadi pasti akan kembali memenuhi ember ilmu yang ada dalam diri kita.

      AMIN….

      • asalamualaikum
        salam budi suci
        saya dari cabang hubbul wathan,sewaktu saya berzikir 3200/awal,saya terasa terganggu dengan apa yang ada di sekeliling saya bisa dibilang mahluk halus,apakah itu cobaan untuk kita semua dalam melakukan zikir,,???
        wasalam
        to:senior budi suci

  3. Kpada bpk tomy , saya sangat2 berterimakasih atas perkenannya menjawab pertanyaan saya yg awam , semoga tidak bosan2nya menjawab pertanyaan dari saudara2 kita ataupun diri saya sendiri yg ingin bertanya lg tntang hal2 smcm ini , dan semg allah swt memberikn rhmat dan perlindgn kpd anda agr dpt menlg sesama walau hnya dr sbuah situs . Terimakasih wassalam .

    • Pak Syafran Yth, Terima kasih kembali, saya akan coba membantu untuk menjawab pertanyaan2 dari semua pembaca blog ini, kalau perlu saya akan tanyakan kepada guru-guru yang telah berpengalaman.

  4. terima kasih atas artikel nya, menarik
    kalau boleh saya ijin repost ke blog saya http://forumsilat.blogspot.com

    • Bang Ochid… silahkan di repost di Blognya Abang…
      Mohon juga disebutkan sumbernya Bang yach :)

  5. terima kasih, sudah saya publish, silakan kunjingi halaman http://forumsilat.blogspot.com/2012/08/pencak-silat-budi-suci-gerak-silat.html

    • Bang Ochid… terima kasih telah memasukan postingan saya di forumsilat.blogspot.com
      Mari kita sama-sama memajukan dan membangkitkan kembali seni budaya asli bangsa kita ini

      • sama-sama bang thomy, ditunggu kunjungan dan komen nya di di blog saya http://forumsilat.blogspot.com

  6. Permisi mau ikut kasih pendapat. Menurut senior saya, anggota yg benar-benar telah melanggar pantangan Budi Suci misalnya berzina maka si pelanggar tadi ketika sedang berlatih jurus, dia akan merasakan sakit kepala, tidak bisa menjaga keseimbangan badan, sempoyongan. Jika si pelanggar ini tidak sedang berlatih, kejadian di atas tidak akan terjadi. Dengan dampak tersebut maka tentu saja si pelanggar tidak akan mau berlatih lagi. Maka bagi si pelanggar yang masih punya keinginan untuk belajar Budi Suci harus dibai’at lagi. Untuk itu jangan mencoba-coba untuk melanggar pantangannya jika anda tidak ingin menyesal.

  7. Ass.wr.wb kl dijakarta ad cabang?mohon bantuan

    • Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya bisa menghubungi Bapak Zainal Abidin atau Singalodra di nomor 08161943227

      Semoga bisa membantu

  8. Kl dijakarta ad gak?

    • Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya bisa menghubungi Bapak Zainal Abidin atau Singalodra di nomor 08161943227

      Semoga bisa membantu

      • Terimakasih saytdaraku atas informasinya.jaya terus budisuci

      • terimakasih atas info yang diberikan saudaraku semoga dibalaskan kebaikan berlipat dari Allah Swt

      • Terimakasih banget mas atas info nya

  9. assalamu’alaikum wr wb,
    saya iqbal dari sulsel, saya baru 18 hari blajr ilmu BS, yg ingin saya tanyakan, ap yg di lakukan untuk melatih tenaga dlm sya ??

    • Wa alaikumsalam wr, wb.

      Saudaraku Iqbal untuk melatih tenaga dalam adalah dengan rajin melakukan gerakan-gerakan seperti yang terlihat pada gambar diatas, gerakan itu adalah gerakan 10 jurus budi suci yang berguna untuk membangkitkan tenaga dalam, sementara untuk ilmu kebatinan dilakukan dengan rajin melakukan zikir-zikir dengan mengharapkan ridha Allah Swt.

      Demikian saudaraku Iqbal semoga dapat membantu.

  10. assalamu’alaikum wr wb,
    saya iqbal dari sulsel, saya baru 18 hari blajr ilmu BS, yg ingin saya tanyakan, ap yg di lakukan untuk melatih tenaga dlm sya ??

  11. untuk wilayah surabaya dimana saya bisa berguru/belajarnya

    • Dear Saudara Ishnu,

      Dari tanggapan yang masuk di tulisan ini, untuk wilayah Surabaya keberadaan budi suci ada di “ranting Kawung” surabaya, apakah Saudara Ishnu mengetahui daerah tersebut ??

      • ranting kawung mana??
        di smk kawung nya itu ta mas??
        tlong di bls

      • Maaf Sdr Anggi untuk tepatnya saya kurang bisa memastikan, mungkin Pembaca yang lain bisa membantu ???

  12. Assalamu Alaikum wr.wb..
    salam budi suci.. saya murid Budi Suci cabang SInjai Sulawesi selatan.. salam kenal saudara seperguruan di seluruh nusantara…
    jaya terus Budi Suci..

    • Wa Alaikumsalam, wr, wb,

      Salam kenal Pangeran Awan, untuk Budi Suci di Sinjai ada website nya tidak ? sehingga kawan-kawan diseluruh nusantara bisa mengetahui profil Budi Suci disana.

      Ngomong2 kalau dari Makassar ke Sinjai itu berapa jauh yach ?? alhamdulillah saya pernah berkesempatan datang kesana 2, dan memang menarik wisatanya.

      Wassalam

  13. assalamualaikum wr.wb
    salam ampu tagak,
    saya ,pernah d ijazah,atw motong, tpi gk pernah d tes ,,saya jd ragu.

    • Wa Alaikumsalam Saudaraku Cecep…

      Salam ampu tagak,

      Dalam Budi Suci yang diutamakan adalah pengamalan terhadap amalan yang diterima dari guru-guru, bagaimana agar doa atau ayat-ayat yang kita zikirkan itu bisa menjadi pakaian kita, sehingga jika terjadi kondisi yang tidak menguntungkan kita tidak perlu lagi membaca doa-doa tersebut, sama seperti kita membawa mobil… waktu pertama belajar kita memperhatikan satu-satu instrumen yang ada di mobil tersebut.. namun dengan seringnya kita memakai mobil tersebut, seiring waktu kita menjadi lancar dan otomatis saja sewaktu membawa mobil tadi, sama seperti amalan yang kita zikirkan setiap waktu akan otomatis saja “menjadi” dalam kondisi darurat.

      Jadi saudaraku Cecep jangan lah ragu-ragu dalam mengamalkan sesuatu sebab akan membuat kita malas untuk maju, yakin lah selama kita tidak melanggar pantangan yang telah ditetapkan ilmu tersebut akan tetap menjadi pakaian kita.

      Wassalam

  14. assalamu’alaikum wr wb,

    Pak saya mau bertanya untuk pelatihan silat budi suci yg cabang di Limau Manis ini dekat mananya ya pak? biar lebih jelas alamatnya trus jam brapa dan hari apa saja pelatihan nya pak?kemudian kalau yang di GOR H. Agus Salim hari apa saja sama jam berapa latihannya pak? karena saya mau masuk beladiri silat budi suci ini,tpi tidak tau tempat ,hari dan jamnya pak,mohon bantuanya ya pak,
    terimakasih

    • Wa Alaikumsalam, wr, wb

      Sdr ku Hendra… kalau yang dekat dengan Limau Manis adanya yaitu di Kampus IAIN Lubuk Lintah tepatnya di depan Masjid IAIN tersebut, diadakan setiap hari Jum’at sore jam 17:00 wib

      Kalau di GOR latihan dilakukan setiap hari Minggu Pagi sekitar jam 08:00 wib, jika masuk dari arah kolam renang, belok ke kanan, tidak jauh dari persimpangan tersebut.

      Silahkan saja datang ke tempat yang saya sebutkan tadi.

      Semoga dapat membantu

  15. assalamu’alaikum

    salam budi suci…
    saya anggota BS dari teluk kuantan,riau. saya ingin bertanya kepada senior, jujur kalau melakukan amalan saya belum tamat dan banyak melakukan kesalahan melanggar aturan , apa saya harus mulai dari awal? mengisi kembali?
    dan tempat latihan terdekat di padang daerah mara mapalam dimana?

  16. Budi suci ,pak bagaimana caranya agar saya bisa karomah.saya ingn belajar pak terimakasih.

  17. assalamualaikum,
    klw di palembang dimana alamatny pak?

  18. Assalamualaikum wr.wb, kepada perguruan budi suci Apakah telah buka perguruan Budi suci di daerah muara bungo? Law ada dmna tempatny

  19. Saya belum bisa karomah,jadi bagaimana caranya agar saya bisa karomah..

    • Rajin rajin berzikir dan berbuat lah selalu kebaikan

  20. Asalamu alaikum
    salam budi suci….
    saya anggota Budi Suci dari kota pariaman saya ingin brtnya kpda senior bahwa knapa stiap saya mlakukan hal diluar ksanggupan saya dan smakin saya paksakan mmbuat saya tak sdarkan diri mohon dan kpala saya seakan mau pecah…bntuan nya senior Budi Suci …..
    wasalam… Basri adrianto…

  21. Ass wb wr. Pencak silat budi cusi sya dri angota lmteng ingin bertany.?? Jikalau sudah sdikit memenuhi syarat” maupun rafalany tetapi kita tidak begitu menguazai juruz” yg di pelajarkan dari pelatih itu gimana…,, mazuk tidak kira”&kita sudah mampu belum menjaga diri dari lawan .??? Terimakasii
    wsalamuaikum wr wb.

  22. asalamualaikum
    salam budi suci
    saya anggota budi suci dari duri riau cabang hubbul wathan,saya pernah mendapatkan hikmah dan saya mendapatkannya melalui mimpi saya yang berkenanan dengan budi suci,yang jadi pertanyaan saya apa kegunaan ayat yang saya dapat dalam mimpi saya,,???
    wasalam
    to:senior budi suci

    • Saudara Dimas,

      Salam kenal sebelumnya, kegunaan ilmu itu adalah rahasia Allah, pada saat yang tepat pasti akan berguna, seperti orang belajar mobil, bukan berarti tidak ada mobil kita tidak belajar bagaimana cara membawanya.

      • Klu kta sdah prnah blajar ilmu tenaga dalam pada perguruan lain.utk melengkapi apakah kita msih bsa mempelajari silat tenaga dalam pada IPBS.tlng pnjelasan nya.

      • Pak Ajo,
        Tidak masalah walau telah mempelajari ilmu tenaga dalam sebelumnya diperguruan lain, kalau ilmu yang dulu dipelajari masih ilmu putih maka ilmu dari IPSBS akan semakin melengkapi yang sudah ada, namun jika ilmu sebelumnya adalah ilmu yang hitam, Insya Allah ilmu IPSBS akan membersihkannya.

        Demikian & terima kasih

  23. Asalamu ‘alaikum…..
    saya anggota budi suci dari sawahlunto ,,saya masih kurang dengan kebatinan,,gmna cara yg bagus untuk mengasah kebatinan ..
    mohon bantuan nya..

    wasalam….

    • Wa Alaikumsalam wr, wb….

      Salam kenal Reans…..
      Untuk mengasah kebatinan tiada cara lain selain selalu melakukan zikir disetiap kesempatan, amalkan zikiran setiap malam, basahi lidah dengan zikiran diluar kesempatan itu.

      Ilmu Budi Suci bukan untuk dipamerkan sehingga kita tidak bisa melihat “hasilnya” pada saat diujuk gigikan kepada orang, tapi yakinlah berkat izin ALLAH SWT ilmu tersebut akan membantu kita pada saat memang dibutuhkan, kalau lahir kita masih bisa membela diri ngapain harus langsung mengeluarkan kebatinan ???

      Semangat terus saudaraku…..

  24. Assamualaikum wr.wb
    salam knal..
    Saya ingin menanyakan mngenai perguruan pencak silat budi suci yg berlambang kan lamalif….
    Terimakasih
    wasslam.wr.wb

    • Silahkan Sdr Hadi, mungkin bisa diskusi banyak dengan guru kami yang juga sesepuh di perguruan pencak silat budi suci, telpon saja Bapak Artis Dt. Rajo Indo, photo beliau kelihatan diatas sedang membawakan salah satu jurus Budi Suci, no hp beliau 081374958068.

      Semoga dapat membantu.

  25. Assalammualaikum wr.wb
    salam knal pak…
    Saya ingin menanyakan mengenai pencak silat budi suci yang berlambangkan ” lamalif “…
    Terimakasih…
    Wassalamualaikum wr.wb.

  26. Salam BS.mohon gabung dengan saudara se amalan BS. memang banyak manfaat bagi yg istiqomah melaksanakan Amalan..

  27. Assalamuaalaikum….. Pak saya mau tanya cara pembersihan energi negatif itu bagaimana ya?

    • Wa Alaikumsalam…

      Pak Andre untuk membersihkan energi negatif hanya dapat dilakukan dengan melakukan zikir yang dikhususkan, bukan sekedar zikir sehabis sholat2 wajib, lakukan zikir dengan membanyakkan jumlah bacaannya sampai kekhusukan diperoleh, lakukan hal tersebut secara rutin setiap malam hari, Insya Allah..

  28. assalamu’alaikum..
    Saya mau tanya untuk cabang BUDI SUCI di daerah Banjarmasin ada gak?

  29. assalamualaikum wahai saudara seperguruan saya dari budi suci ranting bajubang mhn izin mndirkan pelatihan seni olarga budi suci d batang hari ,.,., yg bernama budi suci persahabatan batanghari ,saya mhon bimbingan dari smua saudara budi utuk memberikan pehaman yg lbh luas kmbli dan mhon restu y ;;;;;;;;utuk mbrikan nasehat atau bimbingan silahkan msuk k imaeil saya sutik.cuex@yahoo.com

  30. Assalamualaikum…
    maaf saudara2 saya mau bertanya… IPSBS cbng palembang ada gak? dan kalau ada, nama Web nya apa ??kalau ada mohon di jawab..
    trimakasih..

  31. Ass.w.w. da tomy sy dari IPSBS Cab Sijunjung, kok belom di upload acara pelantikan guru besar yang di GOR, dan Sknya kapan ya salam kenal dan kompak…

  32. Assalmu’alaikum Uda Tomy,,
    masi Ingatkah dengan Raden murid buya Kadir( kita seperguruan )kapan kita bisa berbarengan silahturahmi,saya baru pulang dari Palembang,jika ingin silahturahmi ke Buya kadir mohon di info ke saya ke 082381049949,nomor udah sudah terformat jadi saya tidak bisa menghubungi,,trms,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: